Pengurus Masjid Baiturrahim Adakan Kegiatan Halal Bi Halal dengan Jama'ah dan Warga Komplek PGRI

 



SUMBARNET.COM - Pengurus Masjid Baiturrahim mengadakan kegiatan Halal bihalal dengan jama'ah dan warga komplek PGRI RW 03 Kelurahan Kuranji Kecamatan Kuranji, pada Jumat malam (21/5).


Kegiatan ini di hadiri oleh ratusan jama'ah serta warga yang ada di Komplek PGRI RW 03.


Dalam kegiatan ini ketua pengurus masjid Baiturrahim beserta pengurus, mendatangkan penceramah yang berasal dari luar Kota Padang. Yaitu Ustad Muhammad Arif Tuanku Bandaro Sakti. Salah satu Ustad yang tengah viral dan kocak dalam penyampaian dakwahnya.


Dalam kesempatan ini Eri Anto selaku Ketua Pengurus Masjid Baiturrahim menyampaikan ucapan terimakasih kepada Ustad Muhammad Arif Tuanku Bandaro Sakti serta Jama'ah Masjid Baiturrahim beserta warga yang hadir dalam kegiatan ini.


Selanjutnya Eri juga menyampaikan kepada jama'ah tujuan dari kegiatan halal bi halal ini yaitu untuk menyelesaikan masalah atau kesulitan, meluruskan benang kusut, mencairkan yang membeku, melepaskan ikatan yang membelenggu. Dengan melaksanakan halal bi halal untuk silaturahmi dan saling memaafkan, maka seseorang akan menemukan hakikat idul fitri.


Seperti yang telah diketahui, halal bi halal adalah kegiatan silaturahmi dan saling memaafkan yang merupakan risalah islam, dan makna halal bi halal ini tidak terbatas hanya pada saat idul fitri saja. Adapun tujuannya adalah sesuai dengan hadits Nabi Muhammad SAW berikut:


“Barangsiapa yang telah menganiaya kepada orang lain baik dengan cara menghilangkan kehormatannya ataupun dengan sesuatu yang lain maka mintalah halalnya pada orang tersebut seketika itu, sebelum adanya dinar dan dirham tidak laku lagi (sebelum mati). Apabila belum meminta halal sudah mati, dan orang yang menganiaya tadi mempunyai amal sholeh maka diambilah amal sholehnya sebanding dengan penganiayaannya tadi. Dan apabila tidak punya amal sholeh maka amal jelek orang yang dianiaya akan diberikan pada orang yang menganiaya”. (HR. Al Bukhori)


Selanjutnya Eri juga menyampaikan bahwasanya kegiatan ini juga bertujuan untuk mengajak jama'ah serta warga RW di Komplek PGRI untuk bersama-sama memakmurkan masjid.


Seperti yang terdapat dalam Al-Qur'an surat At - Taubah :18


"Hanyalah yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain Allah, maka merekalah yang termasuk golongan orang-orang yang selalu mendapat petunjuk (dari Allah Ta’ala),"  (QS At-Taubah: 18).


Yang dimaksud dengan memakmurkan masjid yakni selalu mendatangi masjid dan berdiam di dalamnya untuk beribadah kepada Allah Ta’ala dan kedua membangun masjid dan memperbaikinya.


lebih lanjut Eri menyampaikan bahwasanya dua hal ini tentunya harus kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari karena walaupun masjid sudah bagus namun jama'ah tidak ada tentunya ini sama juga dengan bohong. (dori)

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius