Wabup Iraddatillah Sambut Kunjungan Gubernur Mahyeldi ke Nagari Silantai Sumpur Kudus



SUMBARNET.COM - Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah kunjungi Nagari Silantai Kecamatan Sumpur Kudus Kabupaten Sijunjung, pada Sabtu (15/5).


Kedatangan Gubernur ini disambut dengan ramah oleh masyarakat Sumpur Kudus. Masyarakat menerima Mahyeldi di Masjid Baitul Jannah yang kebetulan bersamaan dengan acara berkaul adat nagari Silantai.


Berkaul Adat itu sendiri adalah merupakan salah satu kearifan lokal, sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT atas keberhasilan dalam berusaha terutama bertani dan sekaligus sebagai ritual memohon kepada Allah agar dimasa tanam berikutnya diberikan keberhasilan dan panen lebih melimpah.


Mahyeldi yang didampingi oleh Wakil Bupati Sijunjung Iraddatillah dan anggota DPRD Sijunjung Antonio Oksa Mirsil ini sebelumnya menyempatkan singgah di Kantor Camat Sumpur Kudus dan kemudian bersama-sama menuju nagari Silantai.


Beberapa pimpinan organisasi perangkat daerah dan lembaga juga ikut dalam rombongan ini, diantaranya Dinas PUPR, Dinas Parpora, Dinas Pendidikan, Dinas Kominfo, BPBD dan Baznas Kabupaten Sijunjung.


Dalam kesempatan memberikan sambutan Mahyeldi menyampaikan bahwa Sumpur Kudus adalah nagarinya para pejuang dimana dalam sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia, di Sumpur Kudus inilah telah berlangsung aktifitas Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) pada tahun 1949.


“Walaupun PDRI hanya berumur 270 hari, tapi PDRI adalah sebagai penyambung nyawa NKRI”, ujar  Mahyeldi.


Mahyeldi yang juga merupakan ketua Forum Penjaga Kedaulatan NKRI Sumatera Barat ini juga berpesan agar masyarakat khususnya Sumpur Kudus tetap menjaga dan mewarisi semangat para pejuang yang sudah dicontohkan oleh para pendahulu masyarakat Sumpur Kudus dalam mendukung perjuangan bangsa salah satunya PDRI.


Dalam kunjungan kali ini, Gubernur sekaligus meninjau pekerjaan perbaikan jalan yang sedang dilaksanakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sijunjung di lokasi yang biasa disebut masyarakat sebagai “Kelok Kapal Terbang”.


Mahyeldi juga berjanji akan meningkatkan akses jalan ruas Unggan-Pamusian, dimana akses ini sebagai alternatif jalan bagi masyarakat selain. ruans Sumpur Kudus – Kumanis maupun Sumpur Kudus – Durian Gadang. (Danus/PujiB-Kominfo)

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius