Kader Posyandu Diminta Jadi Pelopor Cegah Covid-19 di Nagari



SUMBARNET.COM - Kader Posyandu bisa berperan memberikan edukasi dan sebagai pelopor pencegahan dan pengendalian Covid-19 di tingkat nagari, desa dan kelurahan. Sebab secara keseharian Kader Posyandu sudah berperan dalam meningkatkan kesehatan dasar masyarakat.


Pandangan itu disampaikan Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sumbar Drs. H. Syafrizal Ucok, MM., di hadapan peserta Temu Kader Posyandu Berprestasi Tingkat Sumbar 2021, di Hotel Premiere Grand Zuri, Jalan Thamrin, Kota Padang, Kamis (3/6).


Dalam tingkat yang paling sederhana, kata Syafrizal Ucok, setiap Kader Posyandu wajib menjadi contoh dalam penerapan Protokol Kesehatan. "Jangan sampai ada pula Kader Posyandu yang tidak menggunakan masker dalam aktifitas, tidak menjaga jarak dan mengabaikan cuci tangan," kata Kadis PMD Sumbar ini.


Selain menjadi contoh penerapan Protokol Kesehatan, kader Posyandu dapat memberikan sosialisasi dan ajakan kepada masyarakat di nagari, desa dan kelurahan terintegrasi dengan program peningkatan kesehatan, pencegahan stunting dan peningkatan ekonomi keluarga.


Di ujung sambutannya, Mantan Wakil Bupati Pesisir Selatan (2005-2010) ini berharap Kader Posyandu tetap bergairah untuk beraktifitas. Jangan menganggap Posyandu sudah kuno atau ketinggalan zaman, itu pandangan yang keliru. "Mari kita support Kader Posyandu untuk menjadi pahlawan pencegahan Covid-19 di nagari, desa dan kelurahan. Pemprov Sumbar melalui Dinas PMD akan selalu memberikan pembinaan yang berkelanjutan," kata Syafrizal Ucok lagi.


Sementara itu Ketua Tim Penggerak PKK Sumbar yang diwakili Wakil Ketua dr. Ernawati, Sp.OG mengatakan, bahwa aktifitas Posyandu sudah terbukti hasilnya positif dalam peningkatan kesehatan keluarga di tingkat nagari, desa dan kelurahan. 


"Program kegiatan  Posyandu adalah untuk menyiapkan SDM yang berkualitas. Hasilnya tidak langsung kelihatan, tetapi setelah 10 hingga 20 tahun akan lahir generasi yang berkualitas," kata dr. Ermawati lagi.


Sementara itu Ketua Panitia Dra. Hendrawati Roza, M.Si mengatakan, bahwa kegiatan Temu Kader Posyandu Berprestasi Tingkat Sumbar selama dua hari ini, diikuti oleh 57 orang utusan dari 19 kabupaten/kota se Sumatera Barat.


Kepada para peserta diberikan materi oleh nara sumber yang merupakan Tim Penilai Posyandu Berprestasi Tahun 2021 dari berbagai unsur yaitu BKKBN, Dinas Kesehatan, Tim Penggerak PKK dan Dinas PMD Sumbar. (AdF/Mak)

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius