Tim Penilai Lomba Nagari 2021 Tinjau Gurun Panjang Utara



SUMBARNET.COM - Wali Nagari Gurun Panjang Utara di Kecamatan Bayang, Kab. Pesisir Selatan ini kiprahnya memang membanggakan. Nagari yang kerap dilanda banjir ini kini viral di medsos karena inovasinya membantu warga miskin dengan sapi. Agar terlindungi, sapi bantuan itu pun diasuransikan. 


"Sapi bantuan ini dikelola oleh masyarakat secara berkelompok. Pernah ada sapi yang mati tiga ekor karena ada sakit, untunglah diasuransikan melalui Jasindo sehingga sapi dapat diganti kembali," kata Wali Nagari Gurun Panjang Utara Zainul Arifin, Rabu (23/6).


Ketika ekspos di hadapan Tim Penilai Lomba Nagari Berprestasi 2021 Tingkat Sumbar, Wali Nagari Zainul Arifin mengatakan bahwa ide bantuan sapi ini karena ingin mengentaskan kemiskinan di nagari. Masyarakat mengelola 10 ekor sapi secara kelompok yang beranggotakan hingga 15 hingga 20 orang. Diharapkan pada saatnya nanti, jumlah sapi akan berkembang sehingga seluruh anggota kelompok akan punya masing-masing satu ekor sapi.


Untuk tahap awal, kata Wali Nagari Zainal Arifin, dibeli sapi 50 ekor yang dikelola oleh 7 kelompok. Kini sapi kelompok di Nagari Gurun Panjang Utara ini sudah berkembang menjadi 66 ekor. Tahun 2021 ini bantuan akan ditambah 10 hingga 15 ekor sapi lagi, yang sumber dananya berasal dari Dana Desa.


Nagari berpenduduk 2.292 jiwa ini juga menggerakkan Badan Usaha Milik Nagari (Bumnag). Bidang usaha Bumnag adalah menampung hasil padi masyarakat yang kemudian diolah menjadi beras, juga menampung telur itik dan kue-kue produksi ibu-ibu rumah tangga.


Menjawab pertanyaan Tim Penilai Lomba Nagari Berprestasi 2021, Wali Nagari Zainal Arifin ini merencanakan pembangunan Galeri Bumnag. Gedung ini menjadi sarana untuk menampung seluruh hasil pertanian masyarakat Gurun Panjang Utara yang dibeli dengan harga pasar dan dapat pula memberikan keuntungan kepada Bumnag.


Kreatifitas Wali Nagari Gurun Panjang Utara bersama perangkat nagari, Bamus dan Bumnag ini, mendapat apresiasi dari Penanggung jawab Tim Penilai Lomba Nagari Berprestasi 2021 Drs. Syafrizal Ucok, MM. Harapannya agar terus berinovasi dan selalu mematuhi regulasi yang ada. 


"Salah satu tujuan pemerintahan adalah melayani administrasi kependudukan dan mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Di Nagari Gurun Panjang Utara hal ini telah mulai terlaksana, sehingga ke depan pelayan ini harus ditingkatkan dengan berbasis digital sesuai kemajuan teknologi," kata Syafrizal Ucok.


Dalam Lomba Nagari/Desa dan Kelurahan Berprestasi 2021 Tingkat Sumbar dinilai 10 Nagari/Desa dan 4 Kelurahan. Pada akhir Juni 2021 ini sudah diperoleh juara Nagari/Desa dan juara Kelurahan tingkat Provinsi Sumbar untuk dilombakan secara nasiona yang akan dinilai Tim Penilai Kemendagri.


Tim Penilai Lomba Desa/Nagari dan Kelurahan Sumbar 2021 Penanggung jawab adalah Kadis PMD Sumbar Drs. H. Syafrizal, MM., Ketua Azwar, SE.M.Si., Sekretaris Retma Nency, S.STP dengan Anggota Tim Drs. Yulrizal Baharin, M.Si (pakar pemerintahan), Nani Darlis (PKK), Irwandi Walis, S.Sos (LPM Sumbar), Gusfen Khairul (Pers), Effi Zulfia Naros (Dinas PMD), Firdaus, SH (Sekretaris Badan Kesbangpol Sumbar), Ali Akbar, SH (Dinas Pendidikan Sumbar), Syamsu Aprizal (Dinas Kesehatan), Muhammad Faridz, ST.TP (Dinas PMD) dan Eko Herlambang, ST.MT dari Dinas PMD Sumbar. (AdF/Mak)

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius