Waka AWII Sumbar Ad Firma Kecam Kasus Pembunuhan Jurnalis di Sumut



SUMBARNET.COM - Wakil Ketua I Aliansi Wartawan Independen Indonesia (AWII) Provinsi Sumbar mengecam tragedi tewasnya Mara Salem Harahap alias Marsal pimpinan redaksi media online di Kabupaten Simalungun, Sumut.


Ad Firma menyebut hal itu sangat tidak bisa diterima, ia mendukung pihak kepolisian untuk mengungkap pelaku serta motif dari pembunuhan tersebut.


"Saya mengutuk keras kejadian pembunuhan terhadap insan pers seperti yang dialami Marsal. Pers adalah pilar keempat dari demokrasi. Jadi segala tindakan yang tujuannya membungkam kebebasan pers sangat tidak bisa diterima," kata Ad Firma, Selasa (22/6).


Diketahui Marsal tewas bersimbah darah di dalam mobil, pada Sabtu (19/6).


Menurut pemimpin redaksi media online Sumbar Net itu, intimidasi yang mengusik rasa aman terhadap wartawan tidak bisa dibenerkan, dan diperlukan dukungan aparat dalam meningkatkan pengamanan terhadap wartawan.


"Publik tentunya ingin tahu, apakah pembunuhan ini terkait dengan pemberitaan yang diliput Marsal atau karena hal lain? Kita mendukung Kapolda Sumut untuk mengungkap kasus ini seterang-terangnya," ujarnya.


"Dalam undang-undang sudah jelas menjamin perlindungan terhadap pers. Jadi siapa yang menghalang-halangi jalannya kegiatan jurnalistik harus dihukum,” pungkasnya. (**)

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius