Alsintan Diserahkan Bupati Benny Dwifa Kepada 19 Poktan



SUMBARNET.COM - Bantuan Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) diserahkan oleh Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, S.STP, M.Si untuk 19 kelompok tani se-Kabupaten Sijunjung, pada Jumat 9 juli 2021. Bantuan diserahkan secara simbolis di Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung.


Dalam sambutannya menyampaikan untuk peningkatan produksi dan produktivitas hasil pertanian juga merupakan kebijakan yang akan terus kita tingakatkan untuk peningkatan kesejahteraan para petani.


Hampir semua kelompok tani sudah memiliki traktor roda dua sehingga akan mempermudah sistem pengolahan tanah sekaligus bisa menekan biaya produksi yang selama ini memberatkan petani.


Bagi para petani yang membutuhkan alsintan, baik pra tanam sampai ke pasca panen, silahkan datang dan pinjam ke Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung tanpa melalui Birokrasi yang berbelit-belit. Jelas Bupati Benny.


Adapun 19 unit yang diserahkan berupa Traktor Roda Empat 1 unit, Combine Harvester Besar 1 unit, Traktor Roda Dua 7 unit, Power Treser 7 unit, dan Corn Sheller 3 unit, berasal dari Dana APBN tahun anggaran 2021, penambahan Alsintan bantuan APBN masih ada 46 unit lagi dari berbagai jenis Alsintan.


15 unit Traktor Roda Dua dari Dana APBD II Kabupaten Sijunjung, sementara bantuan yang bersumber dari APBD I Provinsi Sumatera Barat 114 unit.


Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung, Ir. Ronaldi menyampaikan kepada kelompok tani mengucapkan selamat atas bantuan pemerintah yang di alokasikan di tahun 2021 harapan kita tentunya alsintan bisa di manfaatkan untuk membantu para petani Sijunjung baik itu dalam pengolahan lahan maupun dalam pengolahan panen dan pasca panen.


Pada kesempatan ini juga kami menyampaikan kepada pengurus dan anggota kelompok tani setelah dapat bantuan alsintan jangan lahir perpecahan, seluruh kelompok tani punya hak terhadap bantuan yang diberikan.


Kami tidak ingin mendengar ada penguasaan tertentu terhadap mesin pertanian yang sudah dibantu oleh Pemerintah. seluruh anggota kelompok tani diharapkan agar diatur pengunaan sebaik mungkin sehingga bisa bermanfaat untuk membantu para petani kita di Kabupaten Sijunjung.


Seiring Visi dan Misi Bapak Bupati Benny Dwifa Yuswir untuk meningkatkan kesejahteraan petani Sijunjung berbagai upaya di lakukan oleh pemerintah daerah untuk mewujudkan petani yang sejahtera.


Kami juga memiliki Visi dan Misi Dinas Pertanian mewujudkan pertanian Sijunjung yang lebih modern, kita tidak lagi melaksanakan kegiatan usaha tani dengan memakai pola tradisional dan konvensional kalau kita ingin maju mau tidak mau pertanian modern harus menjadi wujud atau cita cita kita bersama. ungkapnya


Sambutan salah seorang Ketua kelompok tani semangat muda Muhamad Syukrizala mengungkapkan rasa syukurnya atas bantuan yang telah diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Sijunjung.


“Kami sangat bersyukur dengan bantuan alat pertanian, kami merasa diperhatikan dan kami akan lebih berusaha lagi untuk meningkatkan hasil pertanian dan akan menjaga bantuan alsintan sebaik mungkin. ungkapnya. (Danus/pkp)

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius