DPRD Kampar Belajar Mengelola Perumda ke Kabupaten Sijunjung



SUMBARNET.COM - Kabupaten Sijunjung, Provinsi Sumatera Barat dikunjungi Anggota DPRD Kabupaten Kampar, Provinsi Riau pada Kamis 15 Juli 2021, dalam rangka belajar mengelola perusahaan daerah.


Kunjungan kerja Anggota DPRD Kampar dari Pansus Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) ini diketuai M Yuli Akmal,S.Sos dengan anggota Juswari Umar Said, Jamris,SH,MH, Ir H Nefrizal,MM, Agus Candra,S.IP, Safi’i, Safrizal,SE, H M Warit, Said Abdullah, Sukardi,SP, H M Kasru Syam, Maju Marpaung,SH, Kardinal Kasim,SE MM.


Kunker tersebut disambut Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Jon Kenedi, S.Sos didampingi Kabag Perekonomian, Suhril, SE dan Kasubag Bagian Pembinaan BUMD Badan Layanan Umum Daerah, Mauvidar, SH, serta Direktur PDAM Sanjung Tirta Buana, Doni Novriedi, SH di Operationroom Kantor Bupati Sijunjung.


Ketua Pansus III DPRD Kabupaten Kampar, Yuli Akmal menyebutkan bahwa kunjungannya beserta rombongan ke Kabupaten Sijunjung adalah dalam rangka sharing terkait perusahaan daerah yang maju dan berkembang di Sijunjung.


"Selain dalam rangka sharing terkait pekembangan perusahaan daerah di Kabupaten Sijunjung salah satunya Sijunjung mempunyai perusaan air minum yang stabil, kami juga ingin mengetahui usaha lain yang mana ditempat kami belum ada,"ujar Yuli.


Asisten II Jon kenedi S.Sos dikesempatan itu mengucapkan selamat datang kepada Anggota DPRD Pansus III Kabupaten Kampar di Kabupaten Sijunjung Ranah Lansek Manih.


Disampaikan Jon Kenedi bahwa di Kabupaten Sijunjung saat ini memiliki 3 perusahaan daerah diantaranya, Perusahaan Daerah Kinantan, Perumda Air Minum Tirta Sanjung Buana, dan Perusda Sijunjung Sumber Energi.


Perusda Kinantan ini lanjut Jon Kenedi saat ini memiliki Hotel Bukit Gadang yang di pinjam pakaikan kepada perusda, tetapi asetnya tetap dibawah Pemerintah Daerah. Perusda Kinantan ini juga saat ini menjalankan SPBU, Mess Pemda dan Perbengkelan.


"Perusda Kinantan ini perkembangannya sangat bagus, namun terkendala karena situasi pandemi covid saat ini yang membuat pengelolaannya tidak berjalan secara maksimal,"ujar Jon Kenedi.


Sedangkan Perumda PDAM Tirta Sanjung Buana lanjut Jon Kendi, kita aplus dalam pengelolaannya. Sebelumnya pelanggan yang sedikit, sekarang sudah mencapai 15 ribu lebih. Sementara Perusda Sijunjung Sumbar Energi secara operasional belum jalan karena sistem pengelolaan belum produksi, yang ada baru operasional administrasi,tutup Jon Kenedi.


Direktur PDAM Tirta Sanjung Buana, Doni Novriedi pada kesempatan tersebut menceritakan dari awal dia dilantik menjadi direktur sampai pada saat ini yang telah menjadikan Perusda PDAM Tirta Sanjung Buana berkembang. 


"Perusda PDAM Tirta Sanjung Buana yang sebelumnya hanya hanya memperoleh laba 250 juta perbulan, alhamdulillah pada saat ini, PDAM sudah meraup laba menjapai 1,2 milyar perbulan,"ujar Doni.


Kabag Perekonomian Setda, Suhril pada kesempatan itu juga menyampaikan selamat datang dan ucapan terima kasih kepada Anngota DPRD Kampar yang telah berkunjung ke Kabupaten Sijunjung. 


"Pemerintah Daerah Kabupaten Sijunjung akan mefasilitasi kunjungan selanjutnya. Untuk lebih teknis agar pansus 3 membawa OPD terkait dan dirut PDAMnya ke Sijunjung dalam rangka sharing. Kita juga akan mamfasilitasi penginapan di Hotel Bukit Gadang nantinya,"ujar Suhril. (Danus)

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.sumbarnet.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius